• Sat. Apr 13th, 2024

Wagub NTB dan SNV Netherland Development Bahas Kerjasama Tekan Stunting

Byadmin

Aug 27, 2019

Mataram – Dalam rangka meningkatkan angka masyarakat yang terbebas dari stunting, Pemprov NTB gencar melakukan berbagai penanganan hingga menjalin kerjasama.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah atau Ummi Rohmi, menerima silaturahmi dari SNV Netherland Development Organization, di ruang kerjanya, Selasa (27/8).

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, membahas peluang kerjasama yang ditawarkan oleh SNV Netherland Development, pada sektor ketahanan pangan dan gizi, dengan fokus utama pada penurunan stunting di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur.

Kerjasama yang sejalan dengan program-program pemerintah tersebut, disambut baik oleh Ummi Rohmi. Dengan banyak pihak yang bekerjasama mengatasi permasalahan tersebut maka, pencapaian yang diinginkan akan dengan mudah terwujud.

Ummi Rohmi menegaskan bahwa, sistem gotong royong akan sangat efektif. “Mempersamakan langkah kita semua, agar seirama serta menjaga komunikasi dengan baik, InsyaAllah bila bersama akan lebih mudah,” ungkapnya.

Melalui program revitalisasi Posyandu, dan mengefektifkan segala perangkat PKK maka Posyandu telah menjadi sentral. Melalui sistem informasi Posyandu, akan lebih mudah pemerintah memetakan permasalahan terkait stunting di sebuah daerah, sehingga dapat memberikan solusi yang tepat.

Terakhir, harapan Ummi Rohmi, agar segala elemen pemerintahan baik provinsi, kabupaten, kota dan desa serta instansi yang bekerjasama, dapat bersinergi dengan baik. Sehingga, pada 2020 segala program dapat berjalan dengan baik.

Komunikasi dan Advokasi SVN, Yuni Setyaningsih, mengungkapkan bahwa lembaganya, mendukung pemerintah daerah provinsi NTB dalam mempercepat, pencapaian penurunan angka stunting di NTB. Dukungan berupa pendampingan pada Lombok Timur dan Lombok Utara dalam kebijakan ketahanan pangan dan gizi.

“Angka stunting NTB yang cukup tinggi, akan tetapi pencapaian NTB, sudah bagus di 2013 rangking 3 se-Indonesia dan saat ini telah menduduki peringkat ke-7, pencapaian yang sangat luar biasa. kami akan mendorong terus, sehingga angka stunting akan terus ditekan.” ungkapnya.

SVN bersama Pemerintah Lombok Timur, menghasilkan sebuah inovasi Sistem Data Terintegrasi, yang mana inovasi ini nantinya akan diperkenalkan juga ke beberapa Kabupaten di NTB. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.