• Sun. Mar 3rd, 2024

KROASIA JAJAKI KERJA SAMA DENGAN NTB

Byadmin

Jul 24, 2019

 

Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menerima kunjungan dari Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, membahas terkait kerjasama di tiga bidang, diantaranya pariwisata, UMKM, dan transfering teknologi di Ruang Kerjanya, Selasa (23/7).

Wagub menyambut baik kerjasama tersebut karena berkaitan dengan program unggulan di NTB. Pariwisata, pertanian dan industrialisasi dijelaskan Wagub sangat berkaitan dengan kerjasama yang diajukan oleh Duta Besar Kroasia.

“Semoga kerjasama ini serius dan dilakukan secepat mungkin” ujar Wagub.

Duta Besar Kroasia untuk Indonesia H.E Nebojsa Koharovic menjelaskan, Nusa Tenggara Barat dipilih karena Kroasia dan NTB memiliki kesamaan dari segi pariwisata. Kroasia merupakan negara kecil yang memiliki 4 juta penduduk, namun bisa menghadirkan 20 juta wisatawan. Sehingga Kroasia ingin membangun kerjasama dengan NTB.

Melanjutkan penjelasannya, Nebojsa mengatakan kerjasama dalam 3 bidang tersebut bisa dari segi pembinaan dan segi pendanaan. Kerjasama ini diharapkan akan terlaksana sesegera mungkin setelah berdiskusi dengan berbagai pihak di NTB.
[19:13, 7/23/2019] +62 823-3905-0606: Wakil Gubernur Istirahat di bukit tunak sekaligus melepas penyu, 23 July 2019
[20:26, 7/23/2019] TAM PRCC: SIARAN PERS BIRO HUMAS DAN PROTOKOL

Selasa, 23 Juli 2019/Humas Dan Protokol Provinsi NTB

Tinjau Terminal Gilimas, Wagub NTB Imbau untuk Lengkapi Fasilitas

Lombok Barat – Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Lalu Mohammad Faozal meninjau proyeksi Terminal Gilimas Pelabuhan Lembar yang sedang dikerjakan oleh Pelindo III, selasa (23/7/2019).

Dalam peninjauan tersebut, selain melihat master plane dari proyek Terminal Gilimas, Wakil Gubernur juga turun melihat proses pengerjaan pelabuhan tersebut.

“Gilimas ini adalah pintu masuk ribuan turis yang akan mengunjungi kita, jadi pelabuhan ini harus memiliki fasilitas yang lengkap seperti rest area, pasilitas kesehatan, pusat oleh-oleh dan fasilitas lainnya,” terang Wagub.

Selain itu, Wakil Gubernur juga mengatakan bahwa Terminal Gilimas ini harus mengedepankan kebersihan agar pengunjung yang datang ke Lombok melalui terminal ini merasakan kenyamanan begitu turun dari kapal.

“Gilimas ini harus bersih dari sampah apapun, untuk itu disini harus ada bank sampah untuk mengelola sampah-sampah yang ada disini,” kata Wakil Gubernur yang akrab dipanggil Ummi Rohmi.

Disela-sela peninjauannya, Ummi Rohmi juga menyarankan kepada pihak Gilimas untuk membuat penyulingan air laut agar tidak hanya mengandalkan air dari darat. “Pihak Gilimas juga harus memikirkan air disini, kedepannya Gilimas harus punya mesin untuk mengubah air laut menjadi air tawar untuk kebutuhannya, jadi tidak mengandalkan air dari darat lagi,” paparnya.

Manager of Project Control Gilimas, Andy Yudha W. mengatakan bahwa progres pembangunan Gilimas ini sudah mencapai 92% dan ditargetkan awal november akan dilaksanakan uji coba pengoperasian terminal ini.

“Reklamasi untuk terminal ini sudah selesai, tinggal bebrapa bangunan dan penghijauan yang akan kami kerjakan, awal november kami berencana untuk soft launching dan launching resminya itu januari 2020,” papar Andy.

Harapannya kedepan terminal ini dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap pengunjung yang akan menikmati keindahan NTB.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.